11 Cara Yang Harus Anda Lakukan saat mengalami insomnia

Cara Alami Mengatasi Insomnia – Insomnia atau penyakit susah tidur merupakan penyakit yang sangat mengganggu pada setiap penderitanya. Penyakit Insomnia ini dapat terjadi dikarenakan stress atau bahkan pola hidupnya yang salah. Dalam kehidupan sehari-hari, aktifitas penderita insomniaakan terganggu. Jadi apabila tidak segera di obati maka dapat membahayakan jiwanya.Oleh karena itu gangguan susah tidur atau insomnia harus diatasi dengan cepat. Berikut beberapa cara mengatasi insomnia yang dapat anda lakukan :

Cara Alami Mengatasi Insomnia

1. Berolah raga teratur
Beberapa penelitian menyatakan bahwa dengan melakukan raga secara teratur,bisa membantu mengatasi penyakit insomnia atau gangguan susah tidur. Dengan melakukan olah raga yang benar dan timing waktunya yang tepat, sangatlah membantu dalam proses pemulihan. Waktu yang tepat dalam melakukan olahraga adalah di pagi hari, hindari berolah raga sesaat sebelum tidur.

2. Tidur sangat baik untuk kesehatan
Ini membantu tubuh cepat pulih dari rasa lelah dan capek dari aktivitas sehari-hari. Usahakan agar tempat atau kamar tidur dibuat senyaman mungkin, dan usahakan untuk menjauhkan  laptop maupun gadget di tempat tidur. Pastikan juga kamar dalam keadaan tenang dan matikan lampu saat tidur.

3. Mengikuti pola tidur alami
Malam hari adalah waktu alami untuk seseorang tidur. Dengan tidur pada malam hari dan berusaha untuk mengurangi jam tidur siang, sangatlah membantu dalam mengatasi penyakit insomnia.

4. Tidur delapan jam dalam sehari 
Cara alami mengatasi insomnia yang berikutnya adalah jangan bisakanmemotong waktu tidur, karena dalam jangka panjang akan merusak pola tidur.

5. Jangan memaksakan untuk tidur 
Tidur itu alami dan mudah.  Jika memaksakan untuk tidur maka akan merasa cemas dan pada akhirnya tidak dapat tertidur. Oleh sebab itu maka mencoba untuk berbaring di tempat tidur dengan tenang, lama-kelamaan maka anda akan mengantuk dengan sendirinya.

6. Siapkan untuk tidur 
Mempersiapkan diri untuk tidur agar mata segera merasa mengantuk. Jika hanya pergi ke tempat tidur dan tidak berniat untuk tidur, insomnia tidak akan teratasi.

7. Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan relaksasi 
Kegiatan membaca buku maupun mendengarkan music sebagai awal untuk tidur, dapat di jadikan sebagai relaksasi.

8. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulant
Kurangi konsumsi minuman seperti teh, kopi, alcohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan terjaga yang tentu saja tidak di perlukan bila ingin tidur.

9. Mengatasi masalah yang sedang dihadapi
Sebuah masalah hidup bisa mengganggu tidur karena akan selalu terbawa di pikiran ketika ingin tidur.Cara alami mengatasi insomnia yang bisa dilakukan yaitu dengan menyelesaikan masalah anda secepat mungkin.

10. Konsultasikan dengan dokter
Tidur yang selalu terganggu dapat juga di sebabkan dari penyakit fisik, seperti tekanan darah tinggi ,sakit, bernapas masalah atau masalah jantung.Untuk itu, konsultasikanlah kesehatan anda ke dokter.

11. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari
Dengan membiasakan diri untuk bangun pagi setiap harinya dapat membantu mengatasi penyakit insomnia.

Demikian adalah beberapa  cara alami mengatasi insomnia yang bisa anda lakukan. Selamat mencoba.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Author: bungdidont

Dede Setiawan, orang Sunda asli, senang membaca, menulis, bermusik dan olah suara. Ayah dari 1 Putri, suami dari satu Istri dan berniat tambah lagi (bukan istri). Mulai aktivitas blogging sejak 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *