Persiapan Menikah Bagi Pria – Memulai hidup baru dengan mengawalinya dalam sebuah pernikahan adalah hal yang sangat membahagiakan. Hidup bersama dengan pasangan yang telah halal. Dalam menyongsong hari bahagia, ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh para mempelai sehingga acara pernikahan berjalan lancar.

Persiapan Menikah Bagi Pria

Persiapan Menikah Bagi Pria
nulis-asal

Setelah sebelumnya dibahas  5 Hal Yang Harus Diperhatikan Oleh Wanita Saat Akan Menikah, Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai persiapan menikah bagi pria. Karena sebelumnya sudah kita jelaskan beberapa poin mengenai persiapan menikah bagi perempuan. Ada perbedaan yang dimiliki antara mempelai perempuan dan laki-laki dalam menikah. Untuk itu jangan berhenti membaca dan terus ikuti sampai akhir ya. Karena masih banyak informasi yang perlu diketahui oleh para pria untuk menyiapkan pernikahan.

Berikut adalah 5 hal yang harus dipersiapkan oleh pria dalam menyambut pernikahan.

1.  Kesiapan mental
Hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang pria yang ingin menikah adalah menyiapkan mental. Memiliki mental yang matang menjadi hal penting sebelum Anda bersedia untuk menikahi perempuan lain. Dengan begitu Anda siap dengan segala resiko dan konsekuensi selama menikah. Apakah Anda benar-benar ingin menikah untuk mencari pahala ? Apakah pasangan Anda sudah tepat untuk diajak berjuang bersama ? Pikirkan secara matang agar Anda tidak menyesal dikemudian hari.

2. Hafalan ikar dalam nikah
Sebagai mempelai pria Anda harus hafal dengan ijab qobul. Ada beberapa lafal yang wajib diucapkan sebagai tanda sahnya suatu pernikahan. Ucapan ijab di lafalkan setelah penghulu membacakan beberapa ketentuan. Bila Anda lancar, maka acara pernikahan pun menjadi lancar. Anda bisa menggunakan bahasa indonesia maupun bahasa arab sesuai dengan kemampuan Anda masing-masing.

3. Siap menafkahi
Yang ketiga adalah Anda sebagai tulang punggung keluarga kecil nantinya harus bisa menafkahi anak dan istri tanpa terkecuali. Dengan begitu Anda harus memiliki pekerjaan yang bisa memenuhi kebutuhan Anda selama hidup bersama keluarga kecil Anda.

4. Memiliki komitmen
Kemudian sebagai calon suami Anda harus memiliki komitmen tinggi untuk melindungi, menafkahi dan siap menjadi kepala keluarga. Komitmen untuk tetap menjalani kehidupan bersama pasangan, menjadi contoh yang baik bagi anak-anak dan siap mengajak keluarga menuju jalan yang lebih baik dan diridhai Allah. Komitmen memang sepertinya mudah, namun tidak semua orang bisa memgang komitmen yang telah dibuatnya. Dengan begitu Anda bisa menjadi kepala keluarga yang baik.

5.  Bertanggung jawab
Dan yang terakhir adalah milikilah sikap tanggung jawab. Jadi apapun yang terjadi dalam keluarga Anda, Anda harus bertanggung jawab dan harus bisa menyelesaikannya dengan baik. Memang tidak mudah menjadi kepala keluarga, tapi Anda bisa belajar menjadi ayah yang baik untuk anak-anak dan sumai terbaik untuk pasangan Anda.

Demikian adalah 5 hal yang harus disiapkan oleh mempelai pria sebelum memutuskan untuk menikah, ada banyak hal diluar faktor eksternal yang harus dimiliki oleh seseorang calon suami. Terlepas dari kesiapan dana untuk menikah dan beberapa acara yang akan dibuat untuk memeriahkan acara, justru kesiapan mental dan faktor internal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Hal inilah yang menentukan Anda, apakah Anda siap atau tidak, karena pada dasarnya materi bisa dicari, selain itu dalam Islam dianjurkan untuk menikah dalam kesederhanaan bukan dalam kemewahan. Jadi persiapkan diri Anda sebelum Anda memutuskan untuk menikah. Cobalah untuk komitmen dan berusahalah tanggung jawab untuk memenuhi sesuai kebutuhan keluarga dengan baik. Semoa pernikahan yang akan Anda jalani berkah dan mendatangkan kebahagian yang diridhai oleh Allah.