7 Obat Alami Pilek Atau Influenza

Obat Alami Pilek Atau Influenza (Flu) – Influenza (Flu) atau yang biasa disebut dengan pilek adalah jenis penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza). Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini diantaranya yaitu badan menggigil, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala terasa berat, batuk-batuk, kelemahan/lelah, dan rasa tidak nyaman secara umum. Untuk anda yang sedang menderita pilek, berikut beberapa obat alami pilek yang bisa anda gunakan untuk mengobatinya :

Obat Alami Pilek Atau Influenza (Flu)

1. Air Putih
Air putih memiliki segudang manfaat, diantaranya juga bisa mengobati penyakit pilek.Usahakanlah konsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Ini bertujuan guna menjaga supaya tenggorokan tetap bersih dari bakteri dan kuman yang menyebabkan pilek.

2. Minuman Hangat
Di saat pilek, tubuh akan mengeluarkan cairan melalui keringat, ingus dan ludah. Oleh sebab itu, disarankan untuk perbanyak minum air hangat, tujuannyaadalah untuk mengganti cairan di dalam tubuh yang keluar atau hilang.Dengan mengkonsumsi air hangat bisamencegah dehidrasi, mengurangi hidung mampet serta melegakan tenggorokan.Bukan hanya itu, uap dari air panas juga bisa mengencerkan lendir di dalam hidung.

3. Buah dan Sayuran
Ketika kondisi tubuh melemah, secara otomatis sistem imun atau kekebalan tubuh akanmenurun. Oleh sebab itu, mineral dan vitamin sangat dibutuhkan untuk mengembalikan keadaan atau kondisi tubuh serta memperbaiki sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Ini agar tubuh tidak gampang terserang penyakit.Buah dan sayur juga merupakan obat alami pilek. Jadi konsumsilah buah dan sayur ketika anda terserang penyakit pilek atau flu.

4. Bawang
Bawang yang merupakan rempah-rempah yang kebanyakan hanya dikenal sebagai bumbu dapur ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat alami pilek. Aroma bawang seperti daun bawang, bawang merah dan bawang putih berfungsi untuk mengeluarkan cairan yang ada di dalam hidung membersihkannya. Cara pengaplikasiannya yaitu, letakkan bawang di bagian bawah hidung, kemudian hirup aromanya dalam-dalam sekitar 6 menit.

5. Uap Tradisional
Penguapan adalah cara tradisional yang telah dipercaya sangat ampuh mengatasi pilek. Caranyasangat mudah, yaitu sediakan baskom yang diisi air panas. Gunakanlah handuk untuk menutupi kepala. Dekatkan wajah di atas wadah atau baskom yang terisi air panas tersebut. Hiruplah uapnya dalam-dalam.

6. Aroma Mentol atau  Mint
Mint atau mentol adalah carayang juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit pilek. Caranyasangat mudah, yaitu gosokkanlah balsam atau minyak telon/kayu putih di area dekat hidung, dada dan tenggorokan.

7. Madu dan Jahe
Kebanyakan orang pasti telahmengetahui manfaat dari madu. Selain memiliki rasa yang enak dan manis, madu juga menyimpan banyak manfaat, diantaranya yaitu mampu mengatasi penyakit pilek. Cara membuat obat alami pilek yaitu dengan gunakan jahe sebanyak 2 ruas. Parut jahe kemudian campurkan dengan 1 sendok teh madu.Minum ramuan tersebut 3x sehari.

Semoga informasi obat alami pilek di atas bisa bermanfaat dan membantu anda yang membutuhkan informasi ini

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Author: bungdidont

Dede Setiawan, orang Sunda asli, senang membaca, menulis, bermusik dan olah suara. Ayah dari 1 Putri, suami dari satu Istri dan berniat tambah lagi (bukan istri). Mulai aktivitas blogging sejak 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *