Kelahiran bayi baru di dalam keluarga dapat membawa banyak perubahan. Anda dan pasangan bisa keluarkan banyak daya saat persiapan dan waktu si bayi akan lahir, sampai perhatian keluarga bisa selekasnya terserap untuk memenuhi kepentingan dasarnya. Namun, sebagian orang-tua juga perlu mengingat bahwa yang utuh diperhatikan bukan hanya si bayi, namun juga sang kakak. Anak yang makin besar juga membutuhkan persiapan agar dapat terima hadirnya adiknya.

Wajar saja jika mereka bisa jadi cemburu pada sang bayi kecil -berapapun usia mereka. Namun, permasalahan ini dapat diantisipasi karena itu luangkanlah waktu anda untuk mendiskusikannya dengan anak, mulai sejak periode kehamilan hingga setelah itu sang adik sudah lahir ke dunia. Dengan hal tersebut, anda tidak harus merasa resah saat sang kakak mendadak menjadi lebih nakal atau berperilaku tak baik.

Berikut ini beberapa saran dari nemours foundation, sebuah institusi system kesehatan anak di amerika serikat, untuk memudahkan periode transisi anak jadi seseorang kakak. Berikut adalah 7 Tips Agar Anak Siap menerima Kehadiran Bayi

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
  1. Biarkanlah si kakak membantu memastikan beberapa barang untuk adiknya, atau beli hadiah khusus yang bisa ia berikanl pada sang bayi waktu lahir nantinya.
  2. Luangkan waktu berkualitas bersama si kakak secara teratur, agar tak akan merasa takut tidak diperhatikan orangtuanya.
  3. Bacakan buku, Buatlah semacam role-play, dan bicarakanlah bersamanya seperti apa merasa memiliki seseorang bayi kecil di keluarga.
  4. Sebelum akan sang bayi lahir, sesekali anda perlu bermain peran bersamaan anak yang makin besar, seakan-akan dia telah jadi kakak. Misalnya menyapa hi adiknya yang ada dalam kandungan
  5. Ajak anak yang makin besar waktu bakal berkonsultasi kehamilan dengan dokter, lalu jika ada kontrol usg, biarkanlah dia ikut saksikan pergantian adiknya.
  6. Apabila ada kerabat anda yang baru melahirkan bayi, ajak anak anda menengok sampai dia bisa saksikan seperti apa adik bayi itu.
  7. Usahakan agar anak anda selalu ikut serta sewaktu anda mengurusi si adik bayi.