Teangan.com – Siapapun anda, dimanapun,  jenis kelamin apapun serta usia berapapun adalah bagian dari keluarga meski sebenarnya banyak sekali arti atau definisi keluarga menurut para ahli diuraikan dalam beberapa definisi keluarga berikut

Arti dan definisi  Serta Fungsi Keluarga

Arti dan definisi serta fungsi keluarga
Ilustrasi Sebuah Keluarga
  1. Keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga (Duvall dan Logan, 1986).
  2. Keluarga adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah, perkawinan, atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lain, mempunyai peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu budaya (Bailon dan Maglaya,1978 ).
  3. Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan (Departemen Kesehatan RI, 1988) 

Sedangkan menurut wikipedia Pengertian keluarga adalah unit  paling kecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Fungsi Keluarga

Secara singkat fungsi keluarga dapat diuraikan sebagai berikut
1. Fungsi Biologis
2. Fungsi Agama
3. Fungsi Perlindungan
4. Fungsi Psikologis
5. Fungsi Sosial Budaya atau Sosiologi
6. Fungsi pendidikan
7. Fungsi Ekonomi
8. Fungsi Rekreatif
9. Meneruskan nilai-nilai budaya
10. Sosialisasi

Jenis Keluarga

Jenis keluarga dapat dibagi dalam 5 jenis sesuai dengan tingkatan yaitu

1. Keluarga inti yang terdiri dari suami, istri, dan anak.
2. Keluarga konjugal yang terdiri dari pasangan dewasa (ibu dan ayah) dan anak mereka yang terdapat interaksi dengan kerabat dari salah satu atau dua pihak orang tua.
3. Keluarga luas yang ditarik atas dasar garis keturunan di atas keluarga aslinya.
4. Keluarga luas meliputi hubungan antara paman, bibi, keluarga kakek, dan keluarga nenek

Tentu saja kita ingin menguraikan mengenai keluarga dari berbagai sudut pandang dan opini kita akan banyak sekali menemukan beragam versi dan pendapat, tetapi yang terpenting adalah Keluarga adalah tempat dimana kita belajar dan mengerti serta memahami kewajiban serta hak kita dalam berperikehidupan. Negara yang kuat terbentuk dari keluarga yang kuat, tentu saja dari lingkungan terkecil kita yaitu keluarga