Assalamualaikum …
Agan, brada and Sista…..
Dulu…. sama sekali ane gak tahu istilah ini : Domain & hosting kali ini ingin coba membahasnya dari sisi orang yang baru tau, siapa tau ada yang gak tau dan pengen tau kan tar jadi tau, kalo tau ya jadi mau, setuju? Mudah-mudahan nggak di cap sok tau, tunggu bentar….. nah sekarang yuk !!!!

Domain :
Domain itu simplenya ya alamat, sekarang ane analogikan yang mudah saja yaitu sebuah bangunan , yang isinya bebas terserah pemiliknya mau dibikin apa, tempat tinggal, toko, gudang atau diisi hantu pun mangga pekteh teuing. Jadi sebagai pemilik rumah kita bebas mendesain, menata ulang terserah gimana nyamannya kita sebagai pemilik.

Hosting :
Hosting itu ya tempat bertelur eh berdiamnya domain jadi bila disambungkan dengan analogi diatas hosting adalah kavling atau tanah tempat bangunan kita berdiri.
Simpelkan hehehehe, mari kita bahas sedikit. Bagaimana dengan domain yang ada embel-embelnya? misal namaku.wordpress.com atau namaku.blogspot.com, nah itu namanya subdomain, jadi istilahnya kita diberi bangunan dan kavling dari WP atau blogspot dengan aturan-aturan yang mesti dipatuhi, kalo kita melanggar ya tinggal tunggu aja diusir oleh sang punya bangunan dan kavling.

Nah mau diisi apa aja tuh bangunan plus kavling yang udah dikasih gratis? kita bebas mengisinya bisa jadi buku harian, tempat curhat online, bagi-bagi aplikasi, bagi-bagi ilmu, terserah pokoknya. selama tidak melanggar peraturan yang diterapkan pemilik mutlak kita bebas kok mengisinya dengan apa saja. Mau curhat, bagi ilmu, dan apapun yang menjadi kesenangan sobat.
Segitu cukup kan? sekali lagi mohon tidak mencap ane sok tau yah? ane seneng kalo ada yang sudi menambahkan dan meluruskan arti domain dan hosting ini dengan berkomentar semoga nggak malah menjadi tambah bingung rekan yang membaca, karena itulah arti domain dan hosting versi Ayahnieda hehehehe walau sedikit maksa. Wassalam