Cara Mengatasi Bisul Dengan Obat Alami Bisul

Cara Mengatasi Bisul Dengan Obat Alami Bisul – Penyakit pada kulit yang sangat mengganggu dan tidak nyaman salah satunya adalah bisul. Bisul ini terjadi akibat dari infeksi bakteri yang masuk melalui pori-pori kulit, sehingga menyerang akar rambut kemudian muncul benjolan berwarna merah meradang yang didalamnya terdapat nanah. Sesuai dengan penyebabnya, bisul ini seringkali menyerang pada bagian kulit yang habis terluka atau lecet. Sehingga akan mudah sekali terinfeksi bakteri. Untuk menghilangkan bisul yang masih kecil dan menghindari berkembangnya bisul lebih besar, dapat dilakukan dengan menggunakan obat alami bisul sebagai berikut. Namun sebelumnya, berikut adalah cara mencegah bisul semakin meradang :

Cara Mengatasi Bisul Dengan Obat Alami Bisul

1. Kompres hangat
Mengompres ini dengan menggunakan waslap yang direndam di air hangat, kemudian peras waslap tersebut dan kompreskan ke bagian yang terkena bisul selama 15 menit.Lakukanlahcara ini minimal 2 kali dalam satu hari.

2. Jangan menekan bisul
Hindari menekan pada bagian bisul yang sedang tumbuh, karena dapat menyebabkan timbulnya bisul baru apabila bisul tersebut pecah.

3. Mencegah kontaminasi
Dengan menggunakan sabun anti septik, dan pastikan pakaian yang dikenakan di daerah yang terkena bisul agar selalu bersih.

Selain dari pencegahan tumbuh kembangnya bisul tersebut di atas, apabila sudah mulai membesar dapat dilakukan dengan cara pengobatan. Dalam hal ini obat bisul yang dapat di peroleh dari hasil alam. Tumbuhan yang dapat di jadikan sebagai obat alami bisultersebut antara lain :

1. Bunga matahari
Dengan cara menyangrai bunga matahari sampai berubah warna menjadi kecoklatan. Tumbuk hasil sangrai sampai berbentuk bubuk halus, kemudian tambahkan minyak wijen hingga menjadi adonan.Adonan obat alami bisultersebut tempelkan pada bagian yang terkena bisul.

2. Daun anyang-anyang muda
Tumbuk daun anyang-anyang muda sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang terkena bisul.

3. Daun asam jawa
Daun asam jawa ditumbuk sampai halus dan ditambah dengan kunyit secukupnya yang juga ditumbuk halus.Balurkanobat alami bisul ini ke bagian yang terkena bisul.

4. Herba bandotan
Tumbuk halus herba bandotan, kemudian tempelkan pada bagian yang terkena bisul.Setelah itu balut obat alami bisul tersebut menggunakan kain perban.

5. Daun bayam
Giling daun bayam duri hingga halus.Hasil dari gilingan ini balurkan ke bagian bisul dan tambahkan sedikit madu di sekeliling bisul.Setelah itu balut pakai kain, usahakan agar diganti balutan sehari 2 kali.

6. Daun belimbing manis
Daun belimbing manis yang masih segar dan sudah dicuci bersih di giling sampai halus, kemudian campurkan pada air cucian beras hingga menjadi bubur. Tutupi bisul menggunakan ramuan tersebut, kemudian balut menggunakan kain.

7. Daun cipluka
Daun cipluka yang sudah dibersihkan tumbuk sampai halus kemudian di oleskan pada bagian yang terkena bisul, dan balut menggunakan kain.Usahakan ganti balutan tersebut 2 kali dalam sehari.

Demikian adalah beberapa cara mencegah bisul dan juga cara membuat obat alami bisul. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *