Cara Mengecek atau Mengetes Keaslian Madu dan kemurnian madu

Cara Mengecek Keaslian dan kemurnian MaduMadu, salah satu makanan sehat yang dianjurkan, namun sayang hal ini hanya ada di Indonesia segalanya bisa dipalsukan atau di aspalkan, sering mendengar atau melihat dalam berita bagaimana segala jenis bahan pangan dipalsukan seolah-olah asli, kreatif benar ya :D, nah hal ini ternyata bisa juga terjadi pada madu, lalu bagaimana cara membedakan madu asli dan aspal atau tidak murni? agar anda dapat memetik khasiat dari madu dengan maksimal? ok ada empat cara yang bisa anda lakukan untuk mengecek  Keaslian Madu.
Pertama
Diteteskan ke koran, Siapkan selembar koran lalu teteskan madu ke koran yang telah disediakan, cukup satu tetes saja setelah itu raba bagian bawah koran yang ditetesi madu, bila koran basah dengan cepat madu yang anda tes diragukan keaslian atau kadar kemurniaannya karena kandungan airnya terlalu banyak
Kedua
Dicampur dengan Air, caranya Ambil piring putih dan bersih isi dengan air sekira hingga mencapai  1cm, setelah itu teteskan madu yang akan kita cek biarkan beberapa saat, madu yang baik dan murni akan bercampur dengan air dengan merata tanpa muncul bias-bias gula, sedangkan madu campuran atau tiruan akan sebaliknya.
Ketiga
Dengan kuning telur, adapun caranya adalah dengan meneteskan madu ke kuning telur baik ayam maupun bebek sebanyak 2 sendok. Madu yang baik akan menyebabkan kuning telur menjadi berwarna kuning tua seperti kuning telur masak, strukturnya menjadi menggumpal dan bila dicicipi akan terasa seperti telur yang telah direbus. Jika anda melakukan pengecekan tadi dan tidak terdapat tanda-tanda yang diutarakan, keaslian madu diragukan.
Keempat
Yaitu dengan cara mencicipinya secara langsung, ini mungkin hanya bisa anda lakukan jika anda sudah terbiasa mengkonsumsi madu asli, namun jikapun anda tidak terbiasa anda bisa melatihnya. Adapun rasa madu asli itu rasanya manis, asam dan akan terasa sepet dimulut pada akhirnya dan jika ditelan seolah-olah tidak tertelan dan tidak mudah mencair dimulut.
Demikian tips yang saya berikan tentang Tips Cara Mengecek atau Mengetes Keaslian Madu dan kemurnian madu semoga bermanfaat untuk anda. Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *