Gajian Pertama dari Google Adsense ini merupakan sambungan sekaligus revisi posting sebelumnya yaitu Gagal Dapat Gajian dari Google Adsense. Kenapa revisi? Dikarenakan gajian GA tersebut bisa dicairkan dari beberapa kejadian tidak disengaja, ok akan saya bahas sedetail mungkin agar kawan-kawan yang mengalami hal serupa bisa mengikuti dan gajian bisa cair. Jadi ada baiknya kawan-kawan membaca post sebelumnya agar bisa memahami kejadian yang terjadi.

Meski terlambat karena banyaknya project yang dikerjakan baik project offline maupun bisnis online lainnya www.kampungvideo.com salah satunya yang bikin sibuk :D. Akhirnya saya bisa menyisihkan waktu untukmenulis ini, prosesnya boleh dibilang tidak sengaja, yaitu pada saat saya penasaran untuk memonetisasi admob (adsense mobile).

Setelah membuat beberapa aplikasi android sederhana menggunakan tools yang ada banyak tersebar di internet, agar bisa menghasilkan aplikasi android tersebut harus disisipi kode admob, karenasedang login akun gmail utama (yang tempo hari tidak bisa masuk google adsense) untuk percobaan saya langsung saja signup admob menggunakan email tersebut.

Tanpa saya sadari ternyata akun admob ini secara otomatis tersambung dengan akun google adsense sebelumnya, beberapa aplikasi telah saya upload dan mulai ada user android yang mendownloadnya.

Beberapa minggu kemudian saya coba mengontrol penghasilan admob tersebut, namun ada yang janggal setelah mencoba membuka history, kok ada payment sent.  Dengan sedikit berdebar-debar akhirnya saya coba buka link tersebut, benar saja pada akun admob ini terdapat pemberitahuan pembayaran akun adsense yang terjadi pada 22 Juni 2014 lengkap dengan mtcn code sebesar $ 109.46 dan bisa diambil  Western Union (WU) di mana saja.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Sebenarnya belum yakin bisa cair karena sudah terlewat 4 bulan (saya mencairkan bulan September) namun coba bertanya ke kawan saya Ilham Maulidan jagonya Google adsense dia meyakinkan bahwa uang tersebut dapat dicairkan karena uang telah masuk dan tidak mungkin ditarik kembali oleh google atau hangus begitu saja, masuk akal. Namun untuk lebih meyakinkan saya coba bertanya ke customer service online western union mengenai mtcn code ini, dan jawaban CS nya cukup bisa membuat saya tidur nyenyak malam itu.

Besoknya seperti biasa bersama istri tercinta saya pun mencoba membuat printout bukti pembayaran via WU serta FC KTP takl lupa FC KK bila dibutuhkan, karena waktu itu saya ada jalur dinas keliling melewati Indomaret  Patrol – Parongpong saya lihat ada logo WU disana, iseng coba ah sekalian bisa beli  minuman sama-sama WU ini.

Setelah sedikit berbasa-basi si mbak kasir membantu mengisi formulir berdasarkan printout, sambil menunggu si mbak kasir indomaret saya melihat-lihat target jajanan hehehe…namun sayang setelah beberapa saat si mbaknya mulai kebingungan karena kode mtcn error tidak ditemukan, salah satu kawannya yang laki-laki malah berkata bahwa saya telat ambil, tidak mau berdebat akhirnya saya keluar dengan tangan kosong, jajan gak  jadi soalnya keburu kecewa.

Akhirnya saya memutuskan untuk membawa form bukti gajian ini ke kantor Pos Lembang sekedar menghabiskan kepenasaran saja, di perjalanan saya dan istri hanya bisa tertawa-tawa mengingat kejadian di mini market barusan, ngebidik jajanan gak jadi soalnya hehehe.

Singkat cerita di kantor pos lembang saya bertanya ke bapak petugas kantor pos mengenai mtcn ini, sepertinya si bapak sudah berpengalaman dan menyuruh saya untuk mengisi formulir yang tersedia, soalnya petugas yang lain seperti terheran heran dengan pertanyaan saya bahwa mendapat kiriman dari Google :D.

Alhamdulillah tak menunggu lama, setelah mengisi formulir dengan lengkap dan menyerahkan ke petugas saya dipanggil membubuhkan tangan dan cap 3 jari, uang pun cair sekitar 1.3 juta, saya lupa tepatnya,dan semua kepenasaran terjawab sudah, Akhirnya Gajian Pertama dari Google Adsense bisa diinikmati.

Hingga saat ini memang blog blog yang saya kelola dan telah memberi gaji tidak dapat dikembalikan, namun akun adsense tetap aman. Saat ini saya masih bermain GA, namun bukan dari blog melainkan dari youtube serta menggunakan akun GA a/n istri saya, Insya Allah tidak lama lagi segera cair.

Jika kawan mengalami kejadian serupa, atau ada komentar serta pertanyaan silahkan jangan ragu-ragu untuk  mengajukannya dalam kolomkomentar di bawah ini