Gejala Awal Penyakit Kanker Rahim Dan Pencegahannya

Kanker rahim adalah penyakit yang paling ditakuti oleh semua wanita. Kanker rahim adalah pertumbuhan sel yang abnormal pada dinding rahim. Penyebab penyakit ini antara lain konsumsi makanan yang salah, kurang menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim dan masih banyak lagi yang lainnya. Kanker rahim biasanya akan ditandai dengan beberapa gejala. Berikut beberapa gejala awal kanker rahim tersebut :

 Gejala Awal Penyakit Kanker Rahim Dan Pencegahannya

Gejala Awal Penyakit Kanker Rahim Dan Penycegahannya

1. Sakit dan nyeri pada perut
Gejala awal kanker rahim yang paling sering dirasakan adalah rasa sakit pada perut dan disertai dengan rasa nyeri. Rasa sakit tersebut tidak dapat tertahankan, jadi saat mengalami kondisi tersebut sebaiknya segera periksakan ke dokter .Rasa sakit yang ditimbulkan dapat kapan saja terjadi. Rasa sakit tersebut disebabkan karena pertumbuhan sel kanker pada dinding rahim akan menekan syaraf, sehingga menimbulkan rasa sakit.

Sebagai wanita,anda perlu mencari referensi yang banyak mengenai apa saja gejala awal kanker rahim yang lain. Referensi tersebut dapat anda peroleh melalui membaca buku, mencari di internet, konsultasi dengan dokter, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui informasi yang lebih lanjut, maka anda dapat menghindari apa saja yang menjadi penyebab dari kanker rahim.

2. Pendarahan
Pendarahan juga merupakan salah satu gejala awal kanker rahim. Pendarahan tersebut dapat terjadi akibat dari pertumbuhan sel kanker pada dinding rahim. Pertumbuhan sel kanker tersebut akan membuat gesekan pada dinding rahim, sehingga menimbulkan pendarahan. Apabila terjadi pendarahan sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mengetahui kondisi yang lebih lanjut.

Pendarahan yang terjadi adalah pendarahan di luar menstruasi. Siklus menstruasi dapat dihitung harinya dengan benar apabila anda memiliki siklus menstruasi normal, yaitu 28 hari. Untuk itu anda perlu menghitung siklus menstruasi agar dapat dihitung dengan baik.

3. Menopouse dini
Menopouse dini dapat terjadi pada seorang wanita sebelum waktunya. Menopouse dini juga menjadi gejala awal kanker rahim, jadi apabila siklus menstruasi Anda tidak lancar sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dengan pemeriksaan maka akan diketahui apa penyakit yang sedang terjadi. Menopouse terjadi dimana seorang wanita sudah tidak mengalami siklus menstruasi lagi.Menopouse biasanya terjadi pada seorang wanita dengan umur 40 tahun ke atas.

Pencegahan penyakit kanker rahim

Kanker rahim dapat dicegah dengan konsumsi makanan yang sehat. Makanan yang sehat untuk rahim antara lain susu, tomat, brokoli, bayam, dan kacang kacangan. Makanan tersebut sangat sehat untuk rahim dalam menjalankan fungsinya dengan baik.Selain itu olahraga juga penting untuk menjaga kondisi dan stamina tubuh agar tetap baik.Olahraga dapat dilakukan minimal satu kali seminggu. Konsumsi juga air putih yang banyak untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh. Dengan minum air putih yang banyak minimal 8 gelas sehari dapat menjaga kesehatan tubuh agar tetap baik.

Demikianlah informasi mengenai gejala awal kanker rahim dan juga pencegahannya, semoga informasi tadi dapat bermanfaat untuk menambah referensi Anda.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Author: bungdidont

Dede Setiawan, orang Sunda asli, senang membaca, menulis, bermusik dan olah suara. Ayah dari 1 Putri, suami dari satu Istri dan berniat tambah lagi (bukan istri). Mulai aktivitas blogging sejak 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *