Hal-Hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia – Tubuh manusia akan sangat rentan terkena berbagai penyakit, apalagi jika system kekebalan tubuhnya sedang menurun. Penyakit dapat menyerang tubuh bukan hanya karena makanan atau minuman yang dimakan terjangkit virus, namun juga karena adanya kelainan yang terjadi pada bagian tubuh.Salah satunya adalah anemia, anemia terjadi karena sel-sel merah di dalam tubuh memiliki jumlah yang sedikit, yakni di bawah normal.

Hal-Hal Yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia

Orang yang mempunyai penyakit anemia biasanya akan mengalami rasa pusing, ini dikarenakan sel darah merah atau hemoglobin yang bertugas mengikat oksigen berkurang. Sehingga oksigen pada tubuh juga akan menjadi berkurang. Sehingga ketika tubuh anda mempunyai eritrosit yang sedikit, inilah yang menjadi penyebab penyakit anemia.

Berkurangnya sel darah merah yang menjadi penyebab penyakit anemia ini akan membuat sang penderita merasa lesu dan lemah. Ini karena organ-organ di dalam tubuh tidak dapat berjalan dengan baik sebab oksigen di dalam tubuh kurang.Masyarakat pada umumnya menyebut anemia adalah kurang darah.

Penyebab Penyakit Anemia :

1.Penyakit
Ada beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab penyakit anemia, diantaranya yaitu maag, gastritis, wasir. Seorang perempuan yang mengalami pendaraan hebat saat menstruasi dan saat melahirkan juga dapat memicu penyakit anemia.

2. Pembentukan hemoglobin terganggu
Penyebab penyakit anemia yang lainnya yaitu adanyaproses pembentukan hemoglobin yang terganggu, sehingga akan membuat kualitas dan kuantitas sel darah merah berkurang. Fungsi hemoglobin akan menjadi tidak optimal apabila kualitas hemoglobin tidak bagus.

Terganggunya pembentukan hemoglobin dapat terjadi karena kurangnya vitamin dan mineral pada tubuh. Dan pembentukan sel darah merah sangat membutuhkan vitamin dan mineral, sehingga jika kekurangan dua nutrisi tersebut akan membuat pembentukan sel darah merah terganggu.

3. Sel darah merah mengalami kerusakan
Rusaknya sel darah merah juga bisa menjadi penyebab penyakit anemia.Sel darah merah dikatakan rusak jika pecahnya sel darah merah akibat rapuh. Sel darah merah dapat pecah jika sudah tidak dapat menahan stress rutin yang terjadi si system peredaran darah tubuh. Pecahnya sel darah ini akan menyebabkan anemia yang disebut dengan anemia hemolitik.

Anemia hemolitik ini juga dapat terjadi karena adanya anemia yang lain. Selain itu, dapat juga terjadi karena keturunan.Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda mampu menjaga asupan nutrisi anda, dan rajinlah konsultasi ke dokter tentang kesehatan tubuh anda.Sehingga jika ada penyakit di dalam tubuh anda dapat langsung di ketahui dan diobati.

Demikian adalah beberapa penyebab penyakit anemia. Untuk membantu menjaga kestabilan darah dalam tubuh anda, langkah mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Rutinlah melakukan olahraga dan juga konsumsi makanan yang sehat. Hindari segala sesuatu yang bisa membahayakan tubuh. Saat anda terserang penyakit anemia, sebaiknya ada konsumsi makanan yang bisa membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh anda.Misalnya seperti daging dan yang lainnya.Semoga bermanfaat.