Inilah Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Pada Wanita

Setiap wanita suatu saat akan mengalami suatu keadaan yang di pengaruhi oleh hormone reproduksi, yakni menstruasi. Wanita yang sudah mengalami menstruasi dianggap kalau dirinya sudah matang. Dan menstruasi ini akan berhenti saat masa-masa kesuburan wanita habis dan biasanya disebut dengan menopause.

 Inilah Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Pada Wanita

Menstruasi ini normalnya terjadi setiap bulan, dan pada tiap bulan tanggalnya selalu maju maupun mundur 2 hari.Saat mengalami menstruasi, setiap wanita mempunyai keadaan tubuh yang berbeda-beda, ada yang merasa nyeri di bagian perut, badan yang terasa sangat lemas, pusing dan lain sebagainya.Masa menstruasi yang panjang, banyaknya darah yang keluar, dan menstruasi yang datang terlambat merupakan beberapa gangguan yang dialami saat menstruasi.Penyebab menstruasi tidak lancarsebenarnya bermacam macam, tergantung dari kondisi tubuh sang wanita.

 

Inilah Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Pada Wanita

Berikut beberapa penyebab menstruasi tidak lancar :

1. Kurangnya hormone progesterone dan estrogen
Kurangnya hormone progesterone dan juga hormone estrogen merupakan salah satu penyebab menstruasi tidak lancar yang terjadi pada sebagian wanita.Siklus haid yang lancar adalah 28 hari, jika anda melebihiatau kurang dan menstruasi anda datang tidak tentu, ini dapat terjadi karena beberapa penyebab.

2. Anemia
Selain kurangnya hormone progesterone dan esterogen, penyakit anemia juga dapat menjadi penyebab menstruasi tidak lancar. Anemia adalah suatu penyakit yang membuat sang penderitanya mengalami kekurangan darah. Jika darah di dalam tubuh berkurang, maka akan mengganggu menstruasi, karena menstruasi akan mengeluarkan darah kotor di dalam tubuh anda. Dan jika darah di dalam tubuh kurang, maka tidak ada yang dapat dikeluarkan melalui menstruasi.

3. Kecemasan atau stress
Kecemasan atau stress juga bisa menjadi penyebab menstruasi tidak lancar yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Sehingga waktu menstruasi anda dapat maju (lebih cepat) atau mundur (lebih lama). Ini terjadi karena hormone yang di keluarkan saat anda mengalami stress akan mengganggu keluarnya hormone saat anda menstruasi.

4. Berat badan
Berat badan yang melebihi normal (obesitas) juga merupakan salah satu hal yang dapat membuat menstruasi anda tidak lancar, sebaiknya anda melakukan diet sehat agar menstruasi anda menjadi lancar.

5. Penggunaan alat kontrasepsi
Penggunaan alat kontrasepsi juga dapat membuat siklus haid anda tidak lancar, oleh karena itu saat anda akan menggunakan alat kontrasepsi (untuk kb), konsultasikan kepada dokter atau bidan terlebih dahulu.

6. Menopause
Ketika seorang wanita mengalami menopause, mereka akan mengalami menstruasi yang tidak lancar. Hal ini biasanya terjadi saat wanita memasuki usia lanjut. Menstruasi yang terjadi pada wanita yang akan memasuki masa menopause berbeda-beda, ada yang mengalami hari menstruasi yang berkurang, ada juga yang mengalami pendarahan yang banyak (ini memerlukan penanganan lebih lanjut).

7. Kelelahan
Wanita yang sedang merasakan kelelahan yang sangat akan membuat menstruasinya tidak lancar.

8. Penyakit lain
Beberapa menstruasi tidak lancar juga dapat terjadi karena beberapa penyakit, oleh karena itu alangkah lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan, agar penyebab menstruasi tidak lancar dapat anda ketahui.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Author: bungdidont

Dede Setiawan, orang Sunda asli, senang membaca, menulis, bermusik dan olah suara. Ayah dari 1 Putri, suami dari satu Istri dan berniat tambah lagi (bukan istri). Mulai aktivitas blogging sejak 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *