Mengenal 5 Negara Terkecil Yang Ada Di Dunia Yang Mungkin Perlu Anda Datangi

5 Negara Terkecil Yang Ada Di Dunia – Setiap mendengar kata negara, pasti Anda akan memikirkan sebuah wilayah yang luas dan dihuni oleh jutaan orang, selayaknya Indonesia yang memiliki ratusan juta jiwa. Namun, tidak semua negara yang ada di dunia ini memiliki wilayah yang super luas dan penduduk yang banyak hingga jutaan orang.

Nyatanya, ada beberapa negara yang hanya memiliki luas wilayah di bawah 100 km persegi, yang memungkinkan Anda untuk bisa menjelajahinya hanya dalam satu hari saja. Meskipun sering dianggap sebagai suatu keanehan oleh beberapa pihak. Tapi sebenarnya hal ini malah bisa dijadikan sebagai ciri khas tersendiri, dan bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi.

Anda yang selama ini mengeluhkan penat dan panasnya Ibu Kota Jakarta, sepertinya tidak ada salahnya untuk berjalan-jalan ke beberapa negara mungil ini untuk sekedar mencari hal-hal baru, dan tentu saja sangat menarik untuk ditelusuri. Nah, negara apa saja yang termasuk dalam daftar lima negara terkecil tersebut? Simak kelimanya berikut ini.

1. Republik Nauru

Negara terkecil yang bisa Anda temui di dunia ini yang pertama ialah Republik Nauru. Awalnya, republik ini dikenal dengan nama Pleasant Island. Barulah pada tahun 1968 wilayah ini dirubah dan dijadikan sebuah negara yang resmi. Saking kecilnya, negara ini tidak memiliki ibu kota yang resmi. Namun, karena luas wilayahnya yang tidak terlalu besar, kelebihan yang bisa dirasakan oleh penduduknya ialah lebih akrab satu sama lain.

Negara ini berada di selatan Samudera Pasifik. Salah satu hal yang menarik pada negara ini ialah tempatnya yang dikelilingi oleh terumbu karang ketika air sedang surut. Untuk urusan pemilihan presiden, pada tahun 2004 telah terpilih 18 orang anggota parlemen dan salah satu tugas utama mereka ialah memilih presiden. Dulunya, negara ini menjadi salah satu tambang fosfat terbesar yang ada di Pasifik, namun sayangnya sekarang persediaan fosfat sudah sangat menipis.

2. Negara Monako
Dari Eropa Barat, negara yang juga termasuk dalam salah satu negara terkecil di dunia ialah Negara Monako. Negara Monako ini berbatasan dengan Laut Tengah pada sisi selatan. Ajaibnya, luas Negara Monako ini hanya sebesar 2.02 km2. Dengan luasnya yang tidak seberapa tersebut, Monako memiliki populasi sebanyak sekitar 36.000 orang. Jumlah ini secara otomatis membuat Negara Monako menjadi negara paling padat di dunia ini.

Negara Monako dikepalai oleh Pangeran, aturan ini tercantum dalam Monarki Konstitusional. Karena letaknya tidak jauh dari Perancis, Monako juga menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi mereka. Karena banyak sekali menyimpan keindahan bangunan dan pemandangan, banyak sekali wisatawan yang mendatangi tempat ini. Itu sebabnya, salah satu penghasilan utama Negara Monako ialah berasal dari wisatawan. Hebat bukan?

3. Vatikan
Selama ini banyak orang yang menyangka bahwa Vatikan merupakan sebuah kota, bukan sebuah negara. Hal ini juga dikarenakan nama resmi Vatikan yakni Negara Kota Vatikan. Kini, Anda harus tahu bahwa Vatikan merupakan negara, dan juga termasuk dalam salah satu negara paling kecil yang ada di bumi. Seperti yang sudah Anda tahu, Vatikan merupakan wilayah yang sangat sakral oleh umat Katolik, sehingga perekonomian Vatikan juga diantaranya disokong oleh hal-hal yang berbau religius.
Misalnya, Vatikan mendapatkan iuran dari umat Katholik yang ada hampir diseluruh dunia, penjualan salib Kristus dan iuran-iuran lain. Selain itu, pendapatan Vatikan juga sebagian besar didapat dari pariwisata, seperti penjualan souvenir, koin, perangko, visa turis dan lain sebagainya.

4. Republik Liberland
Negara Liberland masih termasuk dalam salah satu negara terbaru sekaligus terkecil yang ada di dunia. Bagaimana tidak, negara ini hanya berupa sebidang tanah yang sebenarnya tidak diklaim oleh siapapun, dan luas yang dimilikinya hanya sebesar 8 km saja. Negara ini baru berdiri pada tahun 2015 yang lalu. Karena hal tersebut, negara ini tidak memiliki satupun bangunan seperti negara pada umumnya, melainkan hanya dipenuhi dengan pepohonan saja.

Meskipun begitu, Republik Liberland ini tetap memiliki undang-undang untuk mengatur segala sesuatu yang ada di dalamnya, dan peraturan yang paling unik ialah siapapun yang mau bisa menjadi warna negara disini, selagi tidak memiliki keterkaitan dengan Kelompok Nazi, Kelompok Komunis, dan beberapa kelompol lain yang selama ini terbukti melakukan kejahatan.

5. Negara Sealand
Sedangkan negara terkecil terakhir yang bisa saja Anda kunjungi ialah Sealand. Bagaimana tidak? Negara ini hanya memiliki luas wilayah hampir 1.6 km, lokasi tersebut merupakan bekas benteng yang ada pada era Perang Dunia II, dan jika dilihat dari kejauhan mirip seperti tempat pengeboran saja.
Uniknya, negara ini hanya berupa dua buah menara beton dan dihubungkan landasan besi. Di negara ini, Anda tidak akan menemukan rumah, alat transportasi atau hal-hal lain yang biasanya Anda temukan di sebuah negara. Jadi, jika Anda ingin mendatangi tempat ini, Anda hanya bisa sekedar mampir dan kemudian pulang lagi.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Jadi, negara terkecil mana yang ingin Anda datangi?

2 Comments


  1. saya mau ke republik nauru,,

    sepertinya pemandangannya indah

    soalnya deket laut

    Reply

  2. saya mau ke republik nauru
    pasti pemandanganya keren
    soalnya deket laut..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *