Mengenali Penyebab Flek Paru-Paru Sejak Dini

Mengenali Penyebab Flek Paru-Paru Sejak Dini – Setiap orang pastinyaakan mengalami suatu keadaan di mana mereka mendapatkan dirinya sedang tidak sehat akibat adanya penyakit di tubuh. Penyakit ini dapat terjadi berulang-ulang kali (penyakit ringan) dan penyakit sekali namun lama dan juga parah. Salah satu penyakit yang masuk dalam golongan parah dan banyak di hindari oleh masyarakat adalah penyakit flek paru-paru. Banyak sekali masyarakat yang belum tahu mengenai penyebab flek paru-paru. Ini dikarenakan kurangnya sosialisasi dari Dinas Kesehatan, sehingga masyarakat buta akan hal tersebut. Padahal pengetahuan tentang hal tersebut sangatlah penting untuk masyarakat, agar mereka dapat menghindar dan mencegah dari penyakitflek paru-paru tersebut.

Mengenali Penyebab Flek Paru-Paru Sejak Dini

Penyakit Flek Paru-paru

Pada umumnya penyebab flek paru-paru terjadi karena adanya serangan infeksi bakteri mycobacterium tuberculoisis yang terjadi di paru-paru.Flekparu-paru sebagian besar penyebabnya terjadi karena bakteri ini.Bakteri mycobacterium tuberculoisisini memiliki bentuk menyerupai batang dan berkelompok (berkoloni).Bagian paru-paru atau bagian pernafasan menjadi tempat yang sering terinfeksi oleh bakteri tersebut. Orang yang belum mempunyai kekebalan tubuh yang sempurna akan rentan terhadap penyakit tersebut, oleh sebab itu banyak kasus penderita flek paru-paru sebagian besar adalah anak-anak. Ini dikarenakan anak-anak masih mempunyai kekebalan tubuh yang belum mencapai sempurna.

Bakteri bacterium tuberculoisis yang merupakan penyebab flek paru-paru selain menyerang paru-paru, juga dapat menyerang bagian tubuh lainnya.Seperti saluran kencing, sendi, tulang, otot, sumsum tulang belakang, system syaraf pusat dan system limfa. Organ yang mengalami serangan bakteri ini tidak semuanya akan menunjukkan gejala secara langsung atau bisa di rasakan, namun tergantung dari bagian mana yang di serang oleh bakteri tersebut. Untuk seorang bayi, flek paru-paru juga dapat disebabkan karena saat proses melahirkan sang bayi kemasukan air ketuban, dan jika sang bayi tersedak saat minum susu juga dapat menimbulkan penyakit flek paru-paru.

Paru-paru merupakan organ yang memiliki fungsi utama menyaring dan menghirup oksigen, sehingga sangat diperlukan oleh tubuh.Akan sangat berbahaya jika mengalami gangguan. Karena gangguan-gangguan yang terjadi pada paru-paruakan membuat fungsi utama atau kinerja paru-paru menjadi tidak maksimal. Dan akan sangat berdampak pada tubuh seseorang. Bacterium tuberculoisis yang merupakan penyebab flek
paru-paru ini sangat berbahaya, karena mengganggu kinerja paru-paru. Untuk pengobatan flek paru-paru ini juga membutuhkan waktu yang lumayan lama, yakni antara 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan. Dan untuk pengobatan ini sang penderita harus secara rutin meminum obat setiap hari tanpa ada yang terlewat satu pun. Jika terlewat 1 hari, maka pengobatan tersebut harus di ulangi dari awal.

Itulah tadi penyebab penyakit flek paru-paru yang masih jarang diketahui oleh masyarakat awam.Untuk menghindari dari serangan penyakit berbahaya tersebut, anda harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Karena dengan tubuh yang sehat maka secara otomatis sistem kekebalan tubuh juga akan menjadi kuat. Sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *