Halaman kontak blog

Saat melakukan blog walking ke blog rekan-rekan blogger lain, saya sering menemukan blog-blog tersebut seolah tak bertuan :D, kenapa? Karena mereka tidak menampilkan halaman Kontak yaitu halaman profil pemilik blog bersangkutan ataupun cara menghubungi sang pemilik blog. Bisa saja karena lupa mencantumkan saja tapi boleh jadi sengaja tidak dicantumkan dengan tujuan tidak ingin dikenal oleh pembacanya. Sah-sah saja tidak ada yang salah. Tapi apakah mencantumkan halaman kontak atau informasi profil dalam sebuah keharusan dan penting? Kalo kita bermain adsense itu sih wajib, kalo bukan pemain adsense ?

Menurut saya pribadi mencantumkan identitas profil atau halaman kontak dalam sebuah blog itu cukup penting, berbagai alas an bisa dikemukakan. Misalnya jika ada seseorang yang ingin bertanya secara pribadi mengenai sebuah artikel yang ditulis karena tidak memungkinkan untuk bertanya dalam kolom komentar blog, atau jika beruntung akan ada seseorang yang menghubungi blogger bersangkutan untuk melakukan kerjasama :D.

Saya sendiri beberapa kali mendapat email serta sms yang menawari kerjasama tentunya berhubungan dengan blog yang saya kelola mereka melihatnya melalui halaman kontak ini please jangan diisengin ya. Kecuali agan mau pesen video marketing bikinan ane hehehe ,tawaran menulis review, tawaran pasang iklan serta hal lain yang cukup menguntungkan :D. Tentu saja ini kalao temen-temen blogger berniat memonetisasi blog nya jika tidak pun siapa tau ada yang merasa terbantu oleh artikel yang kita tulis dan ingin mengucapkan terimakasih secara pribadi dan mereka minta nomor telepon kita untuk disi pulsa halah

Sisi baiknya memang seperti itu, namun sisi buruknya juga ada, jika kita mencantumkan email serta nomor telepon di halaman blog, yaitu banyak sekali email-email penawaran yang masuk oke lah kalo penting kadang kebanyakan emailnya berisi hal gak penting. Sehingga email menjadi sasaran empuk para spammer. Kalo nomor telepon sih jarang diisengin. Tapi untuk mencegah spammer gampang diakali kok caranya?

Cara agar email kita tidak menjadi sasaran spammer email adalah kita memanfaatkan contak form fihak ketiga seperti EmailMeForm misalnya, karena dijamin para spammer tidak bisa memakainya sebagai korban spamming mereka, karena dijamin males ngisi-ngisi form isian sebelum kirim email, sayangnya karena males orang yang benar-benar ingin ngajak kerjasama juga males ngisi form ini hehehe.

Bagamanapun hasil dan tujuannya sebenarnya kita bisa menaarik kesimpulan mengenai Apakah penting mencantumkan Kontak kita dalam halaman blog yang kita kelola? Bagi saya sendiri hal ini cukup penting setelah beberapa kali mendapat penawaran dari visitor yang tertarik. Kalo menurut kawan-kawan gimana ?