Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah, Gejala Dan Cara Menghindarinya
Peradangan atau infeksi yang terjadi pada kedua paru-paru maupun hanya satu paru-paru yang ditimbulkan karena jamur, virus, atau bakteri disebut dengan paru-paru basah. Penyakit paru-paru basah ini sangat sulit untuk di obati, oleh sebab itu kebanyakan penderita paru-paru basah akan berakhir dengan kematian. Bahan kimia, atau cairan yang terhirup juga dapat menjadi penyebab penyakit paru-paru basah. Orang yang menderita paru-paru basah akan mendapati paru-paru yang dipenuhi nanah atau cairan. Nanah atau cairan ini sangat mengganggu fungsi paru-paru yakni mentransfer oksigen ke seluruh darah di dalam tubuh.

 Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah, Gejala Dan Cara Menghindarinya

Gejala Penyakit Paru-Paru Basah
Virus, jamur atau bakteri yang menjadi penyebab penyakit paru-paru basah jika sudah menyerang paru-paru, akan membuat sang penderita merasakan gejala, seperti batuk berdahak yang disertai darah, dan nyeri pada dada. Selain itu orang yang menderita paru-paru basah juga akan merasakan sakit pada otot di beberapa bagian, sakit di tenggorokan, dan juga sakit di beberapa bagian kepala. Nafsu makan penderita penyakit paru-paru basah juga akan menurun atau kehilangan nafsu makan. Bagi anda yang merasakan gejala-gejala tersebut, alangkah baiknya jika langsung berkonsultasi dengan dokter, agar nantinya penyakit yang anda derita dapat cepat diketahui, dan penanganannya juga cepat.

Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah
Virus yang menjadi penyebab penyakit paru-paru basahantara lain adalah virus influenza, painfluenza, adenovirus, dan sinsitialpenafasan.Paru-paru basah yang terjadi karena bakteri dapat terjadi karena udara atau lingkungan sekitar orang yang terkena virus tersebut. Kebanyakan orang yang rentan terkena penyakit paru-paru basah adalah para perokok aktif, orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, orang yang sering mengonsumsi minuman berkadar alkohol, dan orang-orang yang mempunyai penyakit kronis seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, penyakit asma, penyakit kanker, penyakit HIV dan penyakit-penyakit yang kronis lainnya.

Pencegahan Penyakit Paru-Paru Basah
Agar anda tidak terkena penyakit paru-paru basah ini, anda harus mampu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh maupun lingkungan sekitar tempat tinggal anda.Virus dan bakteri penyebab penyakit paru-paru basahsangat cepat tumbuh di lingkungan yang kotor dan lembab.Oleh karena itu anda harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah anda.Sirkulasi udara di rumah anda juga harus anda perhatikan. Agar hanya udara segar yang berada di dalam rumah. Virus dan bakteri sangat mudah menyerang orang yang mempunyai kekebalan tubuh lemah, oleh karena itu anda harus banyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan agar system kekebalan tubuh anda tetap terjaga dan selalu sehat.Selain itu anda juga harus melakukan vaksinasi, vaksinasi ini di anggap ampuh untuk mencegah dari penyakit paru-paru basah.

Demikianlah beberapa penyebab penyakit paru-paru basah, gejala dan juga cara menghindarinya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membantu anda terhindar dari penyakit mematikan ini.