Rumah Tangga dalam Islam

Rumah Tangga Dalam Islam – Dalam Islam sebuah pernikahan sangat dihargai dan dijunjung tinggi. Karena didalamnya terdapat dua orang yang saling mengasihi dan menyayangi yang berkomitmen untuk mencari ridha Allah semata bahkan mendambakan sebuah rumah tangga yang benar-benar di ridhai Allah. Ada banyak hal yang perlu di pelajari oleh pasangan yang baru menikah tentang bagaimana mengatur rumah tangga sesuai dengan ajaran Islam.

Rumah Tangga Dalam Islam

Rumah Tangga dalam Islam
umi online

Untuk itu kami menghadirkan artikel yang berisi beberapa panduan untuk para pasangan muda yang baru menikah agar tahu betul bagaimana Islam memberikan pelajaran bagi mereka yang baru saja menikah dan untuk menjani kehidupan berumah tangga yang baik dan benar.
Ada beberapa masalah dalam rumah tangga yang pasti dialami oleh semua pasangan, untuk itu setelah Anda mengetahui masalah dalam rumah tangga ada baiknya Anda dan pasangan menghindari sikap atau ucapan yang bisa memicu permasalahan tersebut terjadi.

Berikut adalah beberapa masalah yang sering dialami oleh pasangan.

1. Melakukan kekerasan
Dalam membangung rumah tangga dibutuhkan kesabaran yang tidak ada batasnya, untuk itu Anda bersama pasangan harus bisa saling support dan saling menenangkan. Jangan sampai ada kekerasan dalam rumah tangga, terutama untuk Anda yang masih muda dan masih labil tingkat emosinya. Dengan begitu Anda bisa menjauhi kekerasan, karena saling mengingatkan dan saling menenangkan lebih membuat pasangan Anda mengerti tentang masalah yang ada. Melakukan kekerasan tidak dibenarkan dalam Islam apalagi dengan pasangan sendiri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah tanpa harus melakukan kekerasan.

2. Mencaci maki
Hindarilah caci maki dalam berumah tangga, biasanya bila seseorang mengalami sebuah masalah kemudian bertengkar mereka akan lebih mudah mencaci pasangan mereka karena lepas kontrol. Untuk itulah Anda dan pasangan harus cukup dewasa untuk menghadapi masalah yang ada sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan baik tanpa harus mengeluarkan kata-kata kotor kepada pasangan Anda.

3. Rahasia keluarga
Dan yang terakhir adalah rahasia keluarga. Sering kali kita sebagai pasangan suami istri tidak bisa menjaga aib ataupun rahasia keluarga, hal ini juga tidak baik karena bisa menyebabkan pertengkaran. Untuk itu cobalah menjaga setiap rahasia dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang membuat keluarga Anda tidak harmonis.

Selain mengetahui 3 masalah yang paling sering dilakukan oleh para pasangan dalam rumah tangga, berikut kami sajikan tips membangun rumah tangga dalam Islam sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Islam.

1. Saling mengerti
Dengan saling mengerti apa yang terjadi antara satu pasangan dengan yang lainnya membuat Anda dan pasangan bisa menjalani pernikahan yang harmonis.

2. Saling memberi
Berbahagialah dalam memberi, termasuk memberikan kasih sayang, perhatian, pengertian dan beberapa pemberian lainnya. Dengan begitu Anda dan pasangan bisa hidup harmonis karena selalu dihangatkan oleh pemberian yang tulus.

3. Saling menghormati
Saling menghormati merupakan hal yang sangat disarankan dalam sebuah keluarga. Untuk itu sebagai istri, kita harus menghormati suami dan begitu juga sebaliknya agar tidak terjadi pertengakaran. Dengan saling menghormati Anda dan pasangan bisa saling mengerti satu sama lain.

4. Saling memberikan kebahagiaan
Dan yang terakhir adalah saling memberikan kebahagiaan. Memberi kebahagiaan bisa dengan cara apa saja, baik dengan memberikan pengertian, memberikan kebahagiaan kecil dan sederhana lainnya. Saling memberikan kebahagiaan bisa membuat pernikahan Anda langgeng dalam lindungan Allah.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Demikian adalah beberapa tips untuk menjaga rumah tangga dalam Islam yang baik dan benar. Semoga Anda semua dimampukan untuk beberapa hal diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *