Tips Membeli Rumah Impian

Memiliki rumah saya yakin adalah impian setiap orang, merupakan  tempat membina sebuah  keluarga , termasuk saya yang hingga saat ini masih bermimpi hehehe karena jujur hingga saat ini saya masih “menumpang” di salah satu bagian rumah keluarga besar. Tenang saja itu bukan sebuah aib kok, karena hingga saat ini saya sudah mulai  menabung untuk membeli sebuah rumah impian keluarga  agar suatu saat nanti menikmati hari tua dengan nyaman.

Cita-cita saya ini juga telah saya tuangkan dalam sebuah catatan sederhana, dan tidak ada salahnya saya bagikan melalui blog ini. Baik ini dia tips Membeli Rumah Impian, berdasarkan pengalaman saat saya beberapa kali membantu orang untuk mendapatkan rumah dan inilah 4 hal yang  mereka pertimbangkan

1. Lokasi Rumah dan Tanah
Ketika anda membeli sebuah rumah dan tanah ,  lokasi sangatlah penting untuk dipertimbangkan, jangan sampai ketika anda telah memutuskan untuk membeli sebuah rumah namun kesulitan semakin bertambah karena berbagai faktor. Belilah rumah yang strategis yaitu dekat dengan  fasilitas penting seperti pasar, sekolah,  Transportasi umum dan tempat vital lainnya, bukan soal rumah anda ini terletak di pedesaan atau perkotaan jika persyaratan tersebut terpenuhi anda bisa segera menentukan untuk membeli rumah tersebut

2.   Fasilitas Pendukung
Rumah yang akan anda tempati haruslah menjamin ketersediaan dan kemudahan  air bersih, karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan keluarga secara keseluruhan, jadi sebelum anda memutuskan kembali ada baiknya anda meyakinkan kepada penjual/pemilik atau agen rumah tersebut bahwa rumah yang anda beli member kemudahan dalam mendapatkan air bersih.

Selain itu anda juga harus mempertimbangkan akses jalan, misalnya jika anda memiliki mobil anda harus memastikan juga bahwa rumah tersebut dapat dilalui kendaraan tanpa ada sesuatu yang akan “menganggunya” di kemudian hari, hal ini biasanya terjadi jika anda memilih rumah di pedesaan, misal anda membeli rumah yang berlokasi cukup jauh dari jalan raya serta harus  melewati tanah dengan kepemilikan pribadi, jika hal ini tidak segera di konfirmasi bukan tidak mungkin di kemudian hari akses jalan menuju kerumah anda tidak bisa lagi dilewati kendaran roda empat, karena kebijakan pemilik lahan/tanah, dan jikapun bisa anda harus mengeluarkan pengeluaran ekstra untuk membeli akses jalan tersebut.

3. Lingkungan
Selain kedua hal diatas anda juga harus mempetimbangkan lingkungan sekitar calon rumah anda ini, jika anda memiliki buah hati tentunya ingin perkembangan anak anda baik, karena perkembangan anak yang baik di pengaruhi oleh lingkungan yang baik pula dan 1 hal yang tidak  kalah penting adalah  keamanan di sekitar lingkungan tersebut, karena keamanan dan kenyamanan sebuah rumah yang pasti anda harapkan.

4.  Harga
Setelah 3 poin diatas terpenuhi tentu saja harga sebuah rumah menjadi pertimbangan tersendiri, apalagi jika anda bermaksud menjadikan rumah sebagai investasi, jika ketiga faktor diatas terpenuhi dalam beberapa tahun rumah anda akan bernilai cukup besar. Jangan lupa untuk bertanya pasaran harga tanah dan rumah di lokasi tersebut, jangan sampai anda mengeluarkan budget berlebih karena anda tidak mengetahui pasaran harga di daerah tersebut.

Itulah 4 faktor penting yang harus anda pertimbangkan sebelum melakukan pembelian rumah, urutan poin tersebut memang tidak menunjukan prioritas namun saya haraf  anda telah memiliki gambaran saat anda bermaksud untuk membeli rumah, Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *