Kesal sekali, saat banyak tugas dari kelompok organisasi ditempat saya untuk membuat beberapa laporan dan surat panggilan, gunting yang bisa dipakai jadi merusak kertas yang dipakai karena tumpul. Walhasil kertas laporan yang sangat tidak enak dipandang karena keriting tidak karuan ini harus diulang, niat untuk memotong kertas agar rapih malah makin amburadul.
Karena pengganti gunting  tidak ditemukan mau tidak mau harus mengoptimalkan gunting yang ada untuk diasah kembali dengan berbagai cara, salah satu rekan saya memberi ide untuk mengasahnya dengan daun bambu. What daun bambu? benar tidak salah saya diberi tips untuk mengasahnya dengan daun bambu yang kebetulan banyak bertebaran di belakang rumah sang ketua, maklum jualan bambu buat dekorasi abang kita yang satu ini.
Dengan enggan saya mencobanya, dan ternyata eh ternyata setelah beberapa kali dicoba gunting yang tadinya bagai harimau ompong kini mulai tajam kembali dan bisa memotong dengan rapih. Lalu bagaimana sih caranya? saya hanya menggunting-gunting daun-daun bambu yang berserakan dan sudah kering dengan gunting tumpul yang saya maksud, mudah sekali ya? Benar-benar mudah dan simple, dan semoga ini bisa bermanfaat juga buat rekan sekalian. 
Selain menggunakan daun bambu untuk mengasah gunting yang tumpul anda juga bisa menggunakan leher botol dengan cara melakukan gerakan menggunting di leher botol selama beberapa menit atau hingga gunting sudah terasa tajam kembali, anda bisa mencobanya dengan menggunting kertas, awas yang jangan coba-coba menggunting yang lain. Kabel tetangga misalnya, kan bisa berabe hehehe