Cara Berbisnis untuk Pemula dengan Memanfaatkan Media Sosial Sebaik Mungkin

Cara Berbisnis untuk Pemula dengan Memanfaatkan Media Sosial Sebaik Mungkin

Cara Berbisnis untuk Pemula dengan Memanfaatkan Media Sosial Sebaik Mungkin

Di zaman modern berbasis teknologi saat ini, berbisnis jadi jauh lebih mudah. Anda tidak perlu menyiapkan biaya untuk sewa lapak, cetak brosur, dsb sebab itu semua bisa dilakukan secara online. Berbicara tentang memulai ini, tentu saja tidak lepas dari yang namanya sosial media. Anda harus bisa mengkondisikan sosial media yang dimiliki supaya calon konsumen tertarik untuk berkunjung dan melihat barang/jasa yang kalian jual. Oleh karenanya untuk anda yang akan memulai jenis ini ,  berikut adalah cara-cara memanfaatkan media sosial untuk mengefektifkan promosi :

  1. Buatlah akun media sosial yang memang khusus untuk promosi bisnis

Sebagai pertama dari cara berbisnis untuk pemula lewat media sosial, sebaiknya buatlah akun khusus. Jangan dicampur antara akun pribadi dan akun bisnis karena terlihat tidak profesional di mata calon konsumen. Selain itu seperti yang anda tahu kadar ketersinggungan antara 1 orang dengan yang lain berbeda-beda. Dengan demikian bisa saja ada status atau foto anda yang membuat calon konsumen tertentu menjadi tersinggung sehingga tidak jadi membeli di tempat anda. Menghindari hal tersebut maka sebaiknya pisahkan antara akun pribadi dengan akun untuk pekerjaan.

  1. Posting secara konsisten

Dalam hal memulai apapun memang tidak mudah sehingga membutuhkan konsistensi dan ketekunan. Ini juga berlaku untuk anda yang pertama kali membuat bisnis online, anda harus rajin dalam mempromosikan jualan anda. Selain nantinya saat calon konsumen akan menilai anda sebagai seller yang terpercaya, sistem algoritma media sosial juga akan lebih memprioritaskan mereka yang rajin posting. Dengan demikian akses promosi anda tidak akan hanya dilihat oleh orang yang sudah anda add/follow tapi juga yang di luar itu.

  1. Jangan lupa cantumkan hastag/tanda pagar  mengandung kata kunci yang relevan dengan postingan anda

Selain konsisten melakukan postingan promosi, sebaiknya di setiap konten yang anda buat tambahkan hastag/tanda pagar. Pada tiap hastagnya anda masukkan kata kunci apa saja yang sekiranya nanti calon konsumen cari akan merujuk pada jualan anda. Misalnya bila anda seorang agen properti yang memasarkan rumah di area Kota Malang maka setelah iklan yang anda buat bisa dimasukkan hastag sebagai berikut :

BACA JUGA  Bukti Pembayaran dari Cloap Program Affiliasi

#rumahdijualmalang

#rumahmurahdijual

#rumahmurahdijualmalang

#rumahmalangkota

#rumahmalangkotamurah

#rumahcantikidaman

#rumahidamankeluarga

#rumahmewahmalang

#rumahfurniturlengkap

#rumahstrategismalang

Dll.

Dengan kata lain anda harus menempatkan diri sebagai konsumen, kira-kira kalau akan mencari produk tertentu maka kata-kata yang akan sering mereka gunakan seperti apa. Fitur ini terlihat sepele dan tidak penting padahal cukup bagus untuk mengekspos jualan anda.

  1. Gunakan fitur paid promote

Di media sosial seperti instagram maupun facebook menyediakan fasilitas khusus untuk memperluas promosi yang disebut paid promote. Anda akan menentukan sendiri akan anggaran dan dalam durasi promosi iklan anda. Cara ini lebih efektif daripada hastag karena calon konsumen tidak perlu repot-repot ketik kata kunci. Anda yang menentukan ingin iklan anda dilihat orang dari daerah mana,  umur berapa, dan dari kalangan mana, Kemudian dari situ, sistem media sosial secara otomatis akan menyebarkan iklan anda kepada orang-orang yang anda targetkan tadi.

BACA JUGA  Inilah 5 Tips Investasi Emas yang Wajib Anda Ketahui

Dengan demikian iklan anda tidak hanya sekedar dilihat oleh orang yang belum anda add/follow tapi juga lebih berpotensi menjangkau calon konsumen yang lebih serius.

  1. Respon dan follow up yang cepat dan tanggap

Terakhir sebagai cara berbisnis untuk pemula dalam memanfaatkan media sosial tentu saja tetap harus memprioritaskan pelayanan. Salah satu pelayanannya adalah cepat dalam memberikan respon dari konsumen yang tertarik atas iklan anda. Seller yang lebih fast response jelas akan lebih dipercaya oleh calon konsumen.

Jangan lupa juga lakukan follow up kepada mereka yang sudah pernah mengunjungi lapak anda. Dengan begitu konsumen akan merasa lebih diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *