Nutrisi Dalam Sebuah Pisang

 

Siapa tidak kenal dengan buah pisang ? Buah berwarna kuning dengan rasa yang unik ini memang hampir dikenal oleh semua orang di Indonesia. Pisang biasa dikonsumsi sebagai makanan penutup setelah makan dan juga biasa menjadi MPASI (makanan pendamping ASI) sebagai makanan untuk memenuhi nutrisi si kecil . Selain itu, tahukah Anda bahwa pisang memiliki sejuta manfaat yang bisa membawa keuntungan bagi tubuh? Bahkan bagi Anda yang sedang mengandung, pisang merupakan makanan ibu hamil yang tepat dan sehat. Yuk, simak berbagai nutrisi yang ada di dalam sebuah pisang !

  • Kalsium. Bagi Anda yang suka berolahraga, ada baiknya Anda mengonsumsi pisang. Sebab pisang memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat untuk memperlancar kontraksi otot dan membantu pemeliharaan tulang.
  • Vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat dan bisa melindungi tubuh dari malnutrisi. Kandungan nutrisi ini juga bisa mengendalikan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.
  • Kalium. Tahukah Anda bahwa pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yaitu sebesar 467mg? Kalium merupakan unsur yang cukup penting untuk tubuh karena dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Peredaran Anda pun akan menjadi lebih lancar.
  • Karbohidrat. Malas makan tetapi tidak ingin lapar? Konsumsi pisang untuk mendapatkan energi seharian. Pisang mengandung karbohidrat dan serat yang bisa menggantikan bahan makanan seperti nasi, gandum, atau kentang. Jika Anda sedang melakukan diet, cukup memakan pisang dalam konsumsi kecil untuk membuat perut Anda kenyang.
  • Kandungan air. Percaya tidak percaya, meski terlihat kaya serat ternyata pisang juga memiliki kandungan air loh. Kandungan air ini terdapat dalam jumlah yang cukup yang bisa menghindarkan kita dari risiko dehidrasi.
  • Vitamin B6. Jenis vitamin yang larut di dalam air ini memiliki fungsi untuk menjaga kelancaran sistem saraf serta menjaga kekebalan tubuh. Dengan begitu, selama periode Anda, Anda akan sulit terkena penyakit.
BACA JUGA  Perbedaan Diet dan Mengatur Pola Makan

Itu dia beberapa kandungan yg ada di pada sebuah pisang. Tidak hanya itu saja, pisang jua mengandung beragam vitamin dan mineral lainnya loh. Apabila Anda merasa bosan atau mual buat mengonsumsi butir pisang, Anda mampu mengkreasikannya dengan bahan kuliner lain buat menciptakan hidangan yg menggugah kesukaan. Selamat mencoba! (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *