Ganti Bahan Makanan Agar Lebih Sehat

Menyetok bahan makanan menjadi sesuatu yang lumrah dilakukan karena sisi efektivitas dan kegunaannya yang tinggi. Apalagi jika menyangkut bahan makanan yang sering dikonsumsi setiap harinya seperti beras, mentega, minyak, dan lain sebagainya. Hmm, tahukah Anda jika beberapa bahan makanan yang Anda konsumsi ternyata bisa berdampak buruk pada secara perlahan? Bahkan ada jenis bahan makanan yang bisa memicu penyakit tanpa Anda sadari. Tidak perlu mengunjungi dokter spesialis jantung untuk mengetahui makanan apa yang bisa menjadi pemicu, karena berikut ini kami akan beberkan semuanya. Mengkonsumsi makanan sehat , ternyata bisa dimulai dari mengganti bahan makanan Anda dengan bahan makanan berikut ini.

BACA JUGA  Mempercepat Loading Blog dengan CDN Cloudflare

makanan sehat

  1. Ganti beras putih dengan quinoa. Jika Anda memiliki masalah pencernaan, sudah saatnya Anda mengganti beras putih yang biasa Anda konsumsi dengan superfood ini. Mengapa demikian? Sebab quinoa mengandung serat plus protein yang dua kali lebih banyak daripada beras putih biasa. Quinoa juga bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, lho. Jadi, bermanfaat sekali, kan?
  2. Sudah saatnya beralih ke mustard alih-alih mayones. Jika selama ini Anda sangat bergantung dengan mayones untuk makan sandwich, kentang goreng, atau keripik kentang, yuk mulai beralih ke mustard. Mayones memang lezat dan gurih, tapi tahukah Anda bahwa mayones mengandung kalori yang lebih banyak dibanding mustard? Ya, mayones mengandung 100 kalori sementara mustard 10 kalori. Wah, beda juh sekali ya!
  3. Minyak kanola lebih sehat dibanding mentega. Pernah dengar tentang minyak kanola? Well, jika selama ini Anda selalu menggunakan mentega untuk menumis sesuatu, sudah saatnya Anda berkenalan dengan minyak kanola. Minyak ini merupakan minyak yang kandungan lemak jenuhnya lebih sedikit dibanding mentega. Tahukah Anda bahwa minyak kanola hanya mengandung satu gram lemak jenuh, lebih sedikit dibanding mentega yang kandungannya tujuh gram? Semakin banyak lemak jenuh yang Anda konsumsi, tingkat kolesterol dan risiko penyakit jantung bisa meningkat, lho.
  4. Kurangi soda, tambah teh. Kalau Anda masih suka menyimpan cadangan soda di kulkas, sebaiknya singkirkan benda itu sekarang juga. Sebab, soda bisa menambah berat badan tanpa Anda sadari, lho. Pasalnya, soda mengandung kadar glukosa tinggi yang langsung menyatu di dalam tubuh Anda ketika dikonsumsi. Lebih baik meminum teh yang tidak mengandung gula dan kaya akan antioksidan.

Itu dia bahan-bahan yg mampu Anda ganti pada dapur Anda buat menaikkan kesehatan. Selamat mencoba. Keep healthy, dear readers!

BACA JUGA  Efek Buruk dari Minum Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *