Friday 24th September 2021

5 Penyebab Rambut Menjadi Berminyak

  • August 25, 2021
  • comments 0
  • administrator

Bagi para perempuan, menjaga kecantikan kulit wajah dengan produk perawatan kulit wajah merupakan sebuah kewajiban agar penampilan terlihat menarik. Namun demikian, untuk membuat penampilan Anda terlihat stunning, banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari memilih pakaian yang cocok, menjaga kebersihan kuku dan kulit, hingga memilih tatanan rambut yang tepat. Poin terakhir inilah yang jarang diperhatikan oleh para perempuan. Padahal, rambut adalah mahkota perempuan dan menjaganya tetap bersih dan rapi merupakan kewajiban Anda.

Lantas, bagaimana caranya untuk membuat rambut terlihat sehat? Salah satunya adalah menghindari kesalahan-kesalahan di bawah ini yang sering membuat rambut terlihat berminyak.

  1. Jarang keramas. Kesibukan yang sangat membabi buta setiap harinya membuat Anda tidak sempat merawat rambut Anda. Di pagi hari, Anda sudah bergegas berangkat ke kantor dan ketika malam tiba, Anda seolah sudah kehabisan energi untuk sekadar merawat diri. Akibatnya, Anda pun jarang membersihkan rambut. Kebiasaan buruk ini justru membuat rambut Anda semakin lepek dan berminyak. Minyak-minyak di kepala semakin bertumpuk karena Anda tidak pernah membersihkannya dengan sampo.
  2. Tidak bersih ketika mencuci rambut. Sisa-sisa sampo yang tertinggal di pangkal rambut dan kulit kepala bisa bertransformasi menjadi minyak yang tidak baik untuk kesehatan rambut Anda. Mengapa demikian? Sebab minyak-minyak tersebut bisa memicu tumbuhnya ketombe di kulit kepala.
  3. Mengikat rambut saat basah. Biasanya, hal ini terjadi ketika Anda sudah kesiangan dan belum sempat mengeringkan rambut setelah keramas. Agar tidak terlihat berantakan, Anda pun mengikatnya atau bahkan menyanggulnya agar tetap rapi. Eits, perilaku ini sebetulnya salah loh. Sebab rambut pun membutuhkan udara agar bisa ‘bernapas’ dan tumbuh dengan baik. Ketika rambut diikat dalam keadaan basah, maka minyak akan bergumpal di kulit kepala dan menyatu dalam helai rambut.
  4. Sering menggunakan jel atau serum rambut. Anda terbiasa menata rambut Anda dengan jel atau bahkan dengan serum rambut? Ya, efeknya memang terlihat indah dalam sekejap mata. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kandungan kimiawi yang berada di dalam jel dan serum rambut itu justru bisa merusak rambut Anda? Ya, salah satu efek sampingnya adalah membuat rambut Anda lepek dan berminyak. Untuk itu, mulai sekarang, cobalaj untuk menata rambut dengan cara senatural mungkin tanpa bantuan bahan kimia.
  5. Jangan terlalu sering menyisir rambut. Menyisir rambut dengan intensitas yang cukup kering bisa membuat kulit kepala Anda memproduksi minyak secara berlebih. Jika ingin menyisir rambut, usahakan menyisir dengan sisir bergigi renggang karena sisir bergigi rapat dapat membuat rambut Anda menjadi rontok.
BACA JUGA  Mengatasi Pinggang sering Sakit

Nah, itu dia hal-hal yg bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!